Minggu, 15 Desember 2013

BAB 2. Gerak dan Gaya

Pemahaman Gerak dan Gaya


Pemahaman Gaya dan Gerak, merupakan suatuhal yang saling berkaitan antara satu dan lainnya, gaya merupakan salah satu besaran vektor yakni memiliki arah dan nilai, sedangkan gerak merupakan upaya/ usaha yang menjadikan sebuah benda/ manusia berpindah tempat.
(Ilustrasi Gaya dan Gerak by : google search)
Apa Itu Gaya  ??

Gaya adalah tarikan atau dorongan karena interaksi suatu partikel / benda dengan pertikel/ benda lainnya.
Ada gaya yang dihasilkan dengan interaksi kontak lasung benda, seperti gaya normal, gaya gesek, gaya pegas, dan gaya tegang. ada juga gaya -gaya yang dihasilkan interaksi tanpa kontak langsung seperti gaya listrik, gaya magnet, dan gaya gravitasi.  
Gaya merupakan besaran vektor , sehingga operasi penambahan dan pengurangan gaya sebagaimana penambahan dan pengurangan pada vektor

1. Pendalaman Gaya
Seorang yang mendorong meja, meja yang tadinya diam sekarang bisa bergerak. Meja bisa bergerak karenaorang memberikan sesuatu kekuatan melaluidorongan, kekuatan itulah yang kita namakansebagai gaya.
Gaya adalah dorongan atautarikan yang dapat menyebabkan bendabergerak.
Jadi bila kita menarik atau mendorongbenda hingga benda itu bergerak maka kita telahmemberikan gaya terhadap benda tersebut. Besar kecilnya gaya dapat diukur menggunakan alat yang bernama Neraca Pegas atau Dinamometer. Sedangkan satuan gaya dinyatakan dalam satuan Newton yang biasa ditulis dengan huruf  (N) kata Newton diambil dari nama Sir Isaac Newton,seorang ahli matematika dan ilmuwan besar. Besarnya gaya yang diperlukan untuk menarik benda akan ditunjukkan oleh jarum pada skala dinamometer.

2. Jenis jenis Gaya
Secara sadar atau tidak kita sering melakukan aktivitas yang memerlukan gaya. Tetapi jenis gaya tidak hanya yang kita keluarkan. Berikut ini adalah jenis-jenis gaya:
 

a. Gaya Normal
 Gaya normal adalah gaya-gaya yang arahnya sejajar (//) terhadap sumbu beban
b. Gaya magnet:  
Gaya magnet adalah gaya yang dihasilkan oleh magnet. Magnet alam adalah sejenis logam yang pertama kali ditemukan di kota magnesia. Magnet memiliki kekuatan yang menarik jarum, paku, atau benda lainnya terbuat dari besi atau baja. Kekuatan ini disebut gaya magnet.
c. Gaya listrik statis:
Gaya listrik statis adalah kekuatan yang dimiliki benda yang bermuatan listrik untuk menarik benda-benda disekitarnya. Kita dapat melakukan percobaan untuk membuktikan adanya gaya listrik statis. Coba kalian gosok-gosokkan penggaris plastik pada rambut kalian. Siapkan juga kertas yang disobek-sobek halus. Setelah digosokkan berulang kali pada rambut , dekatkan penggaris pada potongan-potongan kertas. Kalian akan melihat potongan tertas tertarik ke arah penggaris. Penggaris bisa menarik potongan kertas dengan gaya listrik statis.

d. Gaya otot :
Kekuatan yang dihasilkan oleh otot manusia disebut gaya otot . Gaya ini sering dilakukan pada saat kita mengangkat beban atau sedang senam di sekolah. Apabila kita sering melakukan olahraga maka otomu akan bertambah besar dan kuat.

e. Gaya gravitasi bumi :
Gaya grafitasi adalah kekuatan bumi untuk menarik benda lain ke bawah. Bila kita melempar benda ke atas, baik dari kertas, pensil atau benda lain maka semua benda itu akan jatuh ke bawah. Berbeda bila di luar angkasa para astronot tidak merasakan gaya gravitasi, akibatnya mereka akan melayang-layang bila berada di luar angkasa.

f. Gaya Pegas :
Kekuatan yang ditimbulkan oleh karet atau pegas yang diregangkan. Misalnya saat kamu bermain panahan, karet mampu mendorong anak panah terlontar  dengan cepat dan jauh.

g. Gaya Gesekan:
Bila kedua benda saling bergesekkan, maka antara keduanya akan muncul gaya gesek. Gaya gesek bisa menguntungkan dan merugikan. Bila kita berjalan di jalan yang kering, antara sepatu dan jalan akan muncul gaya gesek. Gaya gesek ini membantu kita untuk bisa berjalan. Bayangkan bila jalanan licin, maka gaya geseknya akan kecil dan kita akan kesulitan untuk berjalan.

Apa Itu Gerak??

1. Pendalaman Gerak
Gerak adalah perubahan posisi suatu benda terhadap titik acuan. Titik acuan sendiri didefinisikan sebagai titik awal atau titik tempat pengamat.
Gerak bersifat relatif artinya gerak suatu benda sangat bergantung pada titik acuannya. Benda yang bergerak dapat dikatakan tidak bergerak, sebgai contoh meja yang ada dibumi pasti dikatakan tidak bergerak oleh manusia yang ada dibumi. Tetapi bila matahari yang melihat maka meja tersebut bergerak bersama bumi mengelilingi matahari.
Contoh lain gerak relatif adalah B menggedong A dan C diam melihat B berjalan menjauhi C. Menurut C maka A dan B bergerak karena ada perubahan posisi keduanya terhadap C. Sedangkan menurut B adalah A tidak bergerak karena tidak ada perubahan posisi A terhadap B. Disinilah letak kerelatifan gerak. Benda A yang dikatakan bergerak oleh C ternyata dikatakan tidak bergerak oleh B. Lain lagi menurut A dan B maka C telah melakukan gerak semu.
Gerak semu adalah benda yang diam tetapi seolah-olah bergerak karena gerakan pengamat. Contoh yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika kita naik mobil yang berjalan maka pohon yang ada dipinggir jalan kelihatan bergerak. Ini berarti pohon telah melakukan gerak semu. Gerakan semu pohon ini disebabkan karena kita yang melihat sambil bergerak.
2. Pembagian Gerak
Bedasarkan lintasannya gerak dibagi menjadi 3
  1. Gerak lurus yaitu gerak yang lintasannya berbentuk lurus
  2. Gerak parabola yaitu gerak yang lintasannya berbentuk parabola
  3. Gerak melingkar yaitu gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran
Sedangkan berdasarkan percepatannya gerak dibagi menjadi 2
  1. Gerak beraturan adalah gerak yang percepatannya sama dengan nol (a = 0) atau gerak yang kecepatannya konstan.
  2. Gerak berubah beraturan adalah gerak yang percepatannya konstan (a = konstan) atau gerak yang kecepatannya berubah secara teratur

Gaya dan gerak merupakan kegiatan yang setiap hari kita lakukan secara tidak sadar, jadi dengan tidak sadar pula kita telah mempelajari tentang gaya dan gerak.
Kesimpulannya : Dengan adanya sebuah gaya benda akan menjadi bergerak.

17 komentar:

  1. terima kasih, blog anda sangat membantu. tapi apa sebaiknya tidak ditambahkan dengan penelasan atau penjabaran rumus. Blognya tadi kan untuk anak kelas X. jadi mohon ditambahkan rumus

    BalasHapus
  2. Makasih,buatt materi nya,.ngebantu bangett nihh😃

    BalasHapus
  3. maaf tulisannya terlalu kecil dan gk jelas karena latarnya foto...

    BalasHapus
  4. Sedikit kritik ny kak untuk background ny masih mending polosan biar ngga bikin pusing

    BalasHapus
  5. Paket soal dan keterangannya dong kalau bisa agar pemahamannya menambah

    BalasHapus
  6. Terimakasih, gambar tokohnya menurut saya diganti Newton aja, lebih keren dn pas

    BalasHapus
  7. Terimakasih penjelasanx singkat dan jelas hanya perlu ditambahkan rumusx

    BalasHapus